Minggu, 07 Desember 2008

Mengenai Vertigo

Dalam beberapa hari ini aku merasakan bahwa kepalaku terasa pusing berkepanjangan, setiap mau bangun tidur, kepala terasa berat, pusing dan jika dipakai berdiri terasa berputar dan kadang disertai mual-mual. Awal-awalnya aku hanya mengira, ah mungkin kemarin malam tidur dalam keadaan kurang kenyang aja, atau mungkin tekanan darahku lagi turun. Tapi ternyata hal ini aku rasakan terjadi berulang-ulang. Dan baru ketauan bahwa tekanan darahku norma-normal aja alias tidak turun waktu kemarin sore aku periksakan ke kilinik dekat rumahku, dan didiagnosa ternyata aku terkena Vertigo. Kata yang meriksa sih itu hanya gara-gara kecapekan aja. Aku tidak puas dengan jawaban itu, karena dalam beberapa hari inipun aktifitas kerja dan kegiatanku lainnya tidak terlalu berat.
Kemudian aku bertanya-tanya sendiri, penasaran, apa yah sebabnya, barusan aku coba cari informasi di internet tentang penyakit Vertigo. Tetap juga aku belum menemukan apa penyebabnya.

Tapi dengan membaca artikel ini aku menjadi lebih tahu dan paham apa itu penyakit vertigo,
semoga artikel tentang Vertigo ini bermanfaat buat teman-teman semua.
Jika ada yang pernah mengalami serta tahu apa sebab dan cara mengobatinya, jangan lupa bagi infonya yah...
karena aku pikir, Mencegah lebih baik dari pada mengobati.
Sedini mungkin aku harus berusaha mengobati dan menyembuhkan penyakit ini.
Selain itu karena biaya ke dokter dan untuk beli obat sekarang mahal loh... :-)
Jadi minimal kita harus bisa jadi seorang dokter untuk diri kita sendiri, hehhehe.

Vertigo
Selasa, 01 Oktober 2002

Vertigo adalah keadaan pusing yang dirasakan luar biasa. Seorang yang menderita vertigo perasaannya seolah-olah dunia sekeliling berputar (vertigo objektif) atau penderita sendiri merasa berputar dalam ruangan (vertigo subjektif).

Perasaan pusing ini selain disertai rasa berputar kadang-kadang disertai mual dan muntah. Bila gangguan ini berat, penderita bahkan tak mampu berdiri atau bahkan terjatuh. Hal ini biasanya disebabkan oleh gangguan keseimbangan.

Keseimbangan tubuh dikendalikan oleh otak kecil yang mendapat informasi mengenai posisi tubuh dari organ keseimbangan di telinga tengah dan mata. Vertigo biasanya timbul akibat gangguan telinga tengah dan dalam atau gangguan penglihatan.

Gangguan pada otak kecil yang mengakibatkan vertigo jarang sekali ditemukan. Namun, pasokan oksigen ke otak yang kurang dapat pula menjadi penyebab. Beberapa jenis obat, seperti kina, streptomisin, dan salisilat, diketahui dapat menimbulkan radang kronis telinga dalam. Keadaan ini juga dapat menimbulkan vertigo.

Gangguan ini diatasi dengan menangani penyebabnya. Biasanya pemberian vitamin B12, B1, antihistamin, diuretika, dan pembatasan konsumsi garam dapat mengurangi keluhan.

Ada beberapa jenis vertigo berdasarkan penyebabnya. Vertigo epileptica yaitu pusing yang mengiringi atau terjadi sesudah serangan ayan, vertigo laryngea yaitu pusing karena serangan batuk, vertigo nocturna yaitu rasa seolah-olah akan terjatuh pada permulaan tidur, vertigo ocularis yaitu pusing karena penyakit mata khususnya karena kelumpuhan atau ketidakseimbangan kegiatan otot-otot bola mata, vertigo rotatoria yaitu pusing seolah-olah semua di sekitar badan berputar-putar.

Catatan :
Di artikel tersebut di tulis vitamin antihistamin dan diuretika, adakah teman-teman, Ibu dan Bpk Dokter yang bisa menjelaskan apa artinya itu?
Thx b4.

2 komentar:

  1. Wah, template nah keren banget.. !! artikel dan orangnya juga..

    thanks

    BalasHapus
  2. waaaahhhh....
    udah banyak nich postingnya....
    templatemu koc lutcu ta rik...
    berbau wewayangan gitcu...
    kayake mau jadi calon dalang nich,,,,
    hehehehe...

    BalasHapus